Monday, 26 September 2016

APAKAH AS'ARIYAH & MATURIDIYAH TERMASUK AHLUSSUNNAH WALJAMA'AH?

   Wahai Sejarah!! katakan kepadaku!! apakah maturidiyah dan asy'ariyah termasuk Ahlusunnah Waljama'ah? mazhab Ahlusunnah Waljamaah disebut sebagai mazhab mayoritas, begitu banyak klaim dari beberapa kelompok Islam, sebenarnya mudah sekali menjawab, bawalah itu ke standard dua abad lalu, dua abad lalu Pesantren di tanah jawi dan malawi (indonesia, malaysia, thailand) kitab aqidah yang diajarkan apa? Dan dari mazhab apa? Mufti besar yang disepakati bersama seperti Syeikh Abdurrauf as-singkili apa aqidahnya?
   Dua abad lalu madrasah besar di kerajaan Moghul apa? Madrasah dengan kurikulum madrasah Nizamiyah. Mujadid Sahrandi atau Syah Waliyullah yang menjadi rujukan hampir semua madrasah di anak benua India, mengajarkan aqidah apa? Untuk mengetahui, harus tau kitab apa yang diajari disana ketika itu.
   Di Afrika barat emperator Sudan raya berpusat di Mali, mempunyai madrasah dan perpustakaan besar, dua abad lalu kuttab disana mengajarkan aqidah apa? Bisa terjawab dari kitab aqidah yang diajarkam dalam kurikulumnya. Di Syam, madrasah yang menjadi rujukan adalah Darul hadis al-Asyrafiyah, dua abad lalu aqidahnya apa? Bisa dilihat dari kitab aqidah yang diajarkan didalamnya.
   Di mesir, madrasah terbesar adalah al Azhar, masa itu hampir semua madrasah dan Ruwaq di Mesir berkiblat kesitu, dua abad lalu aqidahnya apa? bisa dilihat kitab aqidah yang diajarkan di Magrib araby (Tunis, Tazair, Maroko, Mauritania) madrasah terbesar Fez, Syinqit, dan Zaitunia, hampir semua madrasah, mahzarah, dan kuttab berkiblat kesitu, aqidahnya pakai mazhab apa? kitab yang diajarkan apa?
   Turki Usmany? dua abad lalu, Mazhab resmi kekhalifahan apa? Mufti agung dan syaikhul Aslam siapa? aqidah mereka apa? Kitab yang mereka ajarkan dihampir semua kutab apa? Bisa dilihat sejarahnya.
   Hijaz? Mufti di Hijaz dua abad lalu siapa? Aqidah mereka apa? kitab yang diajarkan apa? Bisa dibaca sejarahnya. Dinegara belakang sungai, Bukhara, Tashkent dan sekitarnya, dua abad lalu madrasah Imam Bukhari yang menjadi standar kurikilum mayoritas daerah itu aqidah apa? Kitab apa yang di ajarkan? Bisa dibaca sejarahnya.
  Saya rasa semuanya sudah tau jawabannya, benar!!! Jawabannya kalau semua madrasah tadi adalah Asy'airah, Fudhala Hanabilah dan Maturidiyah, dan sejarah ini tercatat secara mutawatir. Bahkan pimpinan madrasah yang disebutkan tadi adalah pensyarah buku-buku mu'tamad dalam mazhab Asy'airah dan Maturidiyah. kitab yang diajarkan? Sama, Maturidiyah, Asy'airah, dan Fudhala Hanabilah. Mulai dari iqtisad fil itiqad ghazaly, arbain ar-razy, matan sanusiyah dari hafid sampai jad, matan jauharah tauhid, matan kharidah, almaqasid, al mawaqif, aqidah nasafiyah, dll, kitab inilah yang mewarnai madrasah besar yang menjadi mayoritas diseluruh dunia tadi. Bandingkan dengan madrasah non Asy'airah-Maturidiyah dua abad lalu? Sangat sedikit yang menjadi kurikulum zaman itu. Maka pada zaman itu jika ada yang menyebut AHLUSSUNNAH WALJAMA'AH kita bisa tau siapakah yang dimaksud. 
   Sejarah ini memberikan kita dua pilihan:
pertama, mengatakan bahwa Asy'airah dan Maturidiyah Ahlusunnah, karena mereka mayoritas. Atau yang kedua, menganggap Asy'ariyah dan Maturidiyah bukan Ahlussunnah Waljamaah, maka yang terjadi adalah mayoritas Muslimin bukan Ahlussunnah  Waljama'ah, jadi dakwa mayoritas Ahlussunnah Waljama'ah yang selama ini didengungkan adalah batil.
   Kenapa kita pilih dua abad lalu? karena dari abad tujuh sampai dua abad lalu Ahlusunnah Waljama'ah jelas ketahuan siapa, kelompok dan organisasi yang mengatakan bahwa mereka adalah Ahlusunnah Waljama'ah belum banyak muncul, bahkan belum muncul sama-sekali, jadi tidak mungkin kita mengatakan bahwa dari abad tujuh hijriyah sampai dua abad lalu, mayoritas Muslim sesat, karena mayoritas mereka Asy'ariyah-Maturidiyah.
   Sebenarnya yang seperti ini tidak perlu ditulis, bahkan untuk 20 tahun lalu, karena syeikh google belum menyerang, tapi saat ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan untuk dijelaskan, lebih tepatnya penegasan, soalnya santri lebih senang bertanya pesantren internet, dan syeikh google kebanyakan memang menguasai dengan dana berlimpah dari minyak mentah, maka dari itu jika bertanya pada syeikh google yang pertama muncul adalah penjelasan kalau Asy'ari-Maturidi bukan Ahlusunnah Waljama'ah, itu sama saja mengeluarkan mayoritas umat islam abad 7-12 dari Ahlusunnah Waljama'ah, kalau sudah begitu Alusunnah Waljama'ah bukan lagi mayoritas sebagaimana didengungkan selama ini, maka dari itu sudah saatnya hal seperti ini dijelaskan, karena sejarah mengatakan jika ada mazhab yang disebut Ahlussunnah Waljama'ah dalam kitab Turast setelah abad ke tiga maka yang dimaksud adalah Asy'ariyah dan Maturidiyah dan Fudhala Hanabilah.
   Lalu bagaimana dengan organisasi dan kelompok yang muncul belakangan dimana mereka menisbahkah diri kepada Ahlussunnah Waljama'ah, seperti NU, HT, IM, Muhammadiyah, Jamaah tabligh, Salafy, dll ? Bisakah disebut Ahlussunnah Waljamaah? Atau bagaimana pula dengan sebagian orang yang mengaku Ahlussunnah Waljama'ah, tapi tidak menisbatkan diri pada Asy'airah, Maturidiyah atau Fudhala Hanabilah? Lalu bagaimana orang-orang sebelum Imam Ahmad, imam Abu Hasan Asy'ary, dan Abu Mansur Maturidi? Lalu bagaimana jika ada orang yang menisbatkan diri pada Asy'ariyah, Maturidiyah, dan Fudhala Hanabilah, apakah semuanya bisa auto-Ahlusunnah? Ini semua akan dijelaskan lain kali saudaraku, insya Allah.

Sumber: Ustaz Fauzan mahasiswa Damaskus



Terimakasih Atas Kunjungan Anda!

Enter your email address:

Author-rights® by: QH

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
notifikasi
close