Sunday, 25 December 2016

SUMMARY MINIMARKET 212 SYARIAH



السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

VISI MISI MINIMARKET 212 SYARIAH

VISI:

- Menjadikan minimarket 212 Syariah Mart sebagai bisnis bersama umat yang berkeadilan, berkah, untuk kesejahteraan umat Islam serta tersebar ke seluruh Indonesia.

MISI

- 212 Syariah Mart adalah usaha yang dibangun bersama gotong royong, dari kita, oleh kita, untuk kita, untuk mensejahterakan umat Islam Indonesia.

- Memasyarakatkan sistem pengelolaan dan manajemen minimarket syariah.

- Memberikan pendampingan, pelatihan dan konsultasi kepada para pengusaha baru dan binaannya dibidang pengelolaan minimarket yang sesuai dengan syariah.

- Melakukan survey, analisa dan memberikan rekomendasi terhadap kelayakan pendirian minimarket yang berprinsip syariah.

- Meningkatkan skill para pengusaha muslim agar menguasai teknis dan memiliki pengetahuan mendalam dibidang pengelolaan minimarket dengan prinsip syariah.

- Meningkatkan produktivitas minimarket berprinsip syariah agar tumbuh dan berkembang menjadi besar yang menguasai pasar global.

PENDAHULUAN

     Pertumbuhan gerai-gerai pasar swalayan di Indonesia saat ini menunjukkan peningkatan yang sangat pesat. Pasar swalayan raksasa dari luar negeri pun tidak lama lagi mulai bermunculan dan diperkerikan mereka mulai masuk ke berbagai kota-kota besar di Indonesia.

     Perkembangan tersebut tidak bisa dilepaskan dari besarnya potensi pasar Indonesia yang 80 % beragama Islam. Maka gagasan tentang perlunya pendirian gerai swalayan syariah merupakan sebuah kebutuhan agar potensi pasar ini tidak melulu dimanfaatkan oleh "orang asing dan aseng".

     Secara normatif, umat Islam membutuhkan jaminan ketersediaan produk-produk halal. Di sisi lain, kebutuhan akan perlunya sebuah model gerai swalayan syariah perlu dijawab agar implementasi nilai-nilai syariah dalam distrubusi produk dan pelayanan kepada kaum muslimin dapat lebih berkembang.

     Orientasi untuk wilayah Indonesia menjadi wilayah yang religius, nampaknya membutuhkan sebuah model minimarket syariah yang dikelola secara profesional dan memberukan manfaat yang luas kepaa umat.

Minimarket Syariah Yang Dibidik

Paling tidak ada 3 alasan mendasar yang menjadi dasar pemikiran bagi kita untuk merasa perlu membuat sebuah minimarket syariah, yaitu :

- Secara normatif, umat Islam wajib menyediakan sebuah pusat perbelanjaan yang menjamin tersedianya produk halal, thayyib dan berkah. Model pelayanannya pun harus Islami bukan semata simbolis dari busana dan ornamen, namun juga prinsip keramahan, keadilan dan persaudaraan.

- Secara sosiologis, kewajiban itu semakin kuat mengingat manyoritas penduduk/ warga beragama Islam. Minimarket syariah ini akan menjadi pusat belanja keluarga. Di samping itu juga menjadi media promosi dan distribusi barang bagi para produsen muslim lainnya.

- Secara ekonomis, bisnis ini memiliki prospek yang baik mengingat pasar yang cukup besar. Minimarket syariah ini diharapkan mampu menginspirasi semangat baru umat Islam dalam memperkuat posisi ekonominya secara luas.


ANALISA AWAL

- Kekuatan
Berdirinya minimarket syariah akan mendapatkan dukungan yang luas, baik dari jajaran pemerintah, swasta maupun umat Islam pada umumnya. Adanya dukungan dari masyarakat dan jamaah yang peduli dengan syariah. Adanya para pengusaha muslim dan investor yang bersedia mendukung program.

- Kelemahan
Belum terbentuknya jaringan suolier muslim yang bisa memback. Belum adanya model dan pengalaman.

- Kesempatan
Menjadi model minimarket syariah yang tersebar di seluruh Indonesia. Menjadi pusat pembelanjaan dan distribusi produk halal terbesar. Pengembangan model waralaba syariah.

Implementasi Syariah

- Secara Mikro
Suplai produk ; selektif terhadap produk halal, menjadi bagian dari distribusi permbelanjaan Islami (212 Syariah Mart), menampung produsen muslim local, mengutamakan kaulitas, jaminan ketersediaan produk, control produk kadaluarsa yang ketat.

Memprioritaskan kepada anggota yang telah memilih produk atau usaha retail.

Tingkat harga ; kompetitif, berusaha menjadi yang termurah, menyediakan discount untuk pembelian partai besar, pembuatan label yang jelas.

Pelayanan ; kebersihan, kenyamanan dan keramahan, pramuniaga berjilbab dan berpeci, pemutaran music Islami, delivery order dan service, komputerisasi, tehnologi informasi dan tampilan interior Islami.

Manajemen ; SDM muslim yang terampil, terlatih dan terpercaya, bervisi memuliakan tamu-tamu dan pelanggan, professional, efektif, efisien, harus bebas buta al-Qur’an, shalat berjamaah, pengajian rutin, profitabilitas yang proporsional.

- Secara Makro
Bervisi membangun ukhwah, merekatkan jamaah, selamat dan menyelamatkan, mendorong bangkitnya kewirausahaan muslim.

Memberikan kontribusi pada golongan lemah, menjaga keamanan investasi.

ASPEK BISNIS
- Aspek Pasar
Berdasarkan jumlah penduduk muslim yang begitu besar yang menjadi market share yang sangat potensial.
Asumsi yang dipakai
- Warga muslim yang peduli dengan produk halal dan ini disebut sebagai pasar potensial (potencial market).
- Warga muslim yang diharapkan langsung memberikan respon positif terhadap atribut bisnis. Ini disebut sebagai pasar yang bisa dijanjikan atau dilayani (direct market).
- Warga muslim yang memiliki komitmen syariah tinggi, sangat selektif terhadap produk syariah dan dipastikan menjadi pelanggan tetap. Ini disebut sebagai pasar loyal (loyal market).

- Aspek Pemesaran
Produk strategic
- Minimarket syariah ini merupakan produk strategis dan model yang pertama di Indonesia. Pendiriannya didukung oleh pimpinan pengusaha muslim dan komunitas masyarakat ekonomi syariah, yang nantinya akan melibatkan dukungan yang lebih jelas.
- Pemberian kartu dhuafa: Tingginya angka kemiskinan menjadi perhatian khsusus untuk meningkatkan daya beli.
- Produk halal: produk yang dipasang benar-benar diseleksi kehalalannya.
- Harga kompetitif: harga terjangkau dan kompetitif, margin keuntungan sekitar 10 % setelah dipotong pajak dan zakat sesuai syariat Islam.
- Mengusulkan rencana lokasi kepada manajemen untuk diberikan penilaian dan persetujuan.

TEMPAT DISTRIBUSI
Dicari lokasi startegis, dekat dengan pusat keramaian, mudah dijangkau. Desaian interior menarik dan ditata rapi.

PROMOSI
Menyediakan acara grand opening yang didukung sponsor. Pemasangan iklan di media cetak, radio, dll.

Aspek Legalitas :
Badan Hukum
Nama Perusahaan
Dewan Pengawas Syariah
Dewan Komisaris
Direksi

Manajemen Organisasi:
Manajemen : Dipimpin oleh seorang manajer operasional yang membawahi beberapa orang karyawan (sesuai kebutuhan).
Pengelolaan usaha akan memperhatikan prinsip-prinsip syariah.

Aspek Keuangan
Kebutuhan Modal
Target Omset pertahun
Laba bersih pertahun
Return on investment (ROI)
Break Even Point (BEP)

Aspek Kepemilikan
Perseroan Terbatas
Pemilik 212 Syariah Mart terdiri dari inisiator, para pendiri, investor serta anggota

Demikianlah summary ini dibuat untuk dapat disempurnakan oleh para investor dan anggota.

Untuk Koordinator Wilayah Provinsi Aceh diketuai oleh ustaz Ismail M Husen.
Bagi anda warga Aceh yang berminat silakan hubungi Ustaz Ismail di facebook beliau Tgk Ismail M Husen.

Silakan Share di facebook, twitter dan media sosial lainnya.



Terimakasih Atas Kunjungan Anda!

Enter your email address:

Author-rights® by: QH

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
notifikasi
close